STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU DI SMP ISLAM AL MUSTARIH BOGOR

Fitrianti
2411907869
2023
STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU DI SMP ISLAM AL MUSTARIH BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

SMP Islam Al Mustarih Bogor adalah sekolah swasta bernuansa Islami, diresmikan pada tanggal 23 Juli 1979 dengan mengedepankan Motto “SYIAR” (Sukses, Yakin, Ikhtiar, Aksi, Rutin) dalam membina generasi muda penerus bangsa yang hadir untuk mewujudkan calon cendekiawan yang berakhlakul karimah, cinta islam dan bumi pertiwi. Berlokasi di Jalan Raden Aria Surialaga No 111, RT 005/003, Kelurahan Pasirkuda, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Saat ini persaingan antar sekolah baik negeri maupun swasta sangatlah ketat, mengharuskan SMP Islam Al Mustarih Bogor untuk mampu mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal SMP Islam Al Mustarih untuk kemudian disusun alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan di SMP Islam Al Mustarih Bogor. Analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal dilakukan dengan penggunaan Matriks IFE, Matriks EFE, analisis SWOT serta penyusunan alternatif strateginya menggunakan analisis Matriks QSPM. Berdasarkan hasil analisis diketahui terdapat 15 faktor internal dan 9 faktor eksternal yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai kondisi di SMP Islam Al Mustarih Bogor. Hasil analisis dan data menunjukkan total skor bobot matriks IFE sebesar 3,218 dan total skor bobot matriks EFE sebesar 3,726. Rancangan alternatif stratgei kemudian dibuat dengan menggunakan matriks SWOT dan Kembali dihitung skor daya tarik terhadap masing-masing faktor baik internal maupun eksternal guna memperoleh prioritas tertinggi alternatif strategi yang dihasilkan dari perhitungan dengan menggunakan matriks QSPM. Adapun hasil strategi dengan nilai prioritas tertinggi adalah dengan memberikan potongan biaya kepada lulusan SD Islam Al Mustarih.

Kata kunci: Pendidikan, SMP Islam, Perumusan strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, Matrik QSPM.

S1 Manajemen
23