PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK OASIS (Studi Kasus Pada Masyarakat Cipayung, Kota Depok )

Dwi Puspa Gusti Aprilia
2411806817
2022
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK OASIS (Studi Kasus Pada Masyarakat Cipayung, Kota Depok )
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Perkembangan bisnis dalam era globalisasi semakin pesat. Perusahaan selalu berusaha untuk mendapatkan tempat dihati konsumennya. Salah satu persaingan bisnis yang terjadi yaitu dalam industri minuman. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan yang mengelola berbagai produk minuman kemasan, membuat konsumen semakin teliti dan kritis dalam memilih minuman kemasan yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap keputusan pembelian Air Minum Dalam Kemasakan Merek Oasis di Cipayung Kota depok. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif survei, yaitu penelitian yang datanya dikumpulkan dari sampel atas populasi untuk mewakili seluruh populasi. Yakni dengan menyebarkan kuesioner. Model analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara insidental sampling. Adapun sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 56,7% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek sedangkan sisanya 43,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung= 44,175 > dari Ftabel= 2,700. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas produk dengan hasil analisi thitung (1,882), variabel harga dengan hasil analisis thitung (4,174), variabel Citra Merek dengan hasil analisis thitung (9,615) dimana ttabel (1,984), maka secara parsial satu variabel tersebut tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Air Minum dalam kemasan merek Oasis di Ciapyung Kota Depok. Adapun variabel Harga dan Citra Merek yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Air Minum dalam kemasan merek Oasis di Ciapyung Kota Depok.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

S1 Manajemen
13