PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN IPHONE DI TOKO BLACKROOM CELL PLAZA JAMBU DUA BOGOR

Maya Safitri
2411907525
2023
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN IPHONE DI TOKO BLACKROOM CELL PLAZA JAMBU DUA BOGOR
Depok-GICI Business School-2023
Skripsi

Saat ini perkembangan dunia bisnis semakin pesat dikarenakan persaingan usaha yang semakin kompetitif. Oleh karena itu perusahaan harus lebih kreatif dan inovatif agar mampu menjaga kelangsungan hidupnya.. Hal ini menyebabkan persaingan di usaha retail pun semakin ketat, terutama dibidang usaha smartphone iphone. Masih rendahnya tingkat loyalitas pelanggan iphone Toko Blackroom Cell Plaza Jambu Dua tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kualitas pelayanan, harga dan promosi yang diberikan oleh Toko Balckroom Cell Plaza Jambu Dua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan iphone Toko Blackroom Cell Plaza Jambu Dua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sejumlah 95 responden Adapun model analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil koefisien determinasi (ajusted R square ) menunjukkan bahwa 40,5% faktor-faktor loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, harga dan promosi sedangkan sisanya 59,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan secara simultan variabel kualitas pelayanan, harga dan promosi secara serempak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai Fhitung (22,294) > Ftabel (2,47). Adapun hasil uji t menunjukkan variabel promosi nilai thitung (4,705) dimana ttabel (1,986) maka secara parsial valiabel promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan iphone di Toko Blackroom Cell Plaza Jambu Dua Bogor. Adapun variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Toko Blackroom Cell Plaza Jambu Dua Bogor dengan nilai thitung (-0,096). Variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan iphone Toko Blackroom Cell Plaza Jambu Dua Bogor dengan nilai thitung (1,299).

Kata kunci: kualitas pelayanan, harga, promosi, loyalitas pelanggan

S1 Manajemen
32