ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI BISNIS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI KLINIK SARUA MEDIKA

Siti Pebria Sari
2411807045
2022
ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI BISNIS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI KLINIK SARUA MEDIKA
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Klinik Sarua Medika adalah klinik melayani 24 jam dengan pelayanannya baik, memiliki tempat yang strategis, telah terjadi penurunan kunjungan pasien dikarenakan banyaknya pesaing usaha yang sejenis selama covid 19 masyarakatpun enggan berobat karena kurangnya pengetahuan mereka akan kesehatan, dan tidak ada agenda untuk mengevaluasi hasil kinerja dan pengelolaan klinik, belum mengetahui apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dengan mengetahui kelemahan tersebut melalui evaluasi yang dilakukan, maka Klinik Sarua Medika masih punya peluang untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerjanya, untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal, maka Klinik Sarua Medika harus memanfaatkan keunggulan untuk menghadapi para pesaing serta memiliki manajemen strategi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa strategi Klinik Sarua Medika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jumlah sampel 3 orang. Pengolahan data menggunakan analisis data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 10 faktor internal dan 9 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi Klinik Sarua Medika. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 2.176 dan total skor bobot matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 2.381. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi Klinik Sarua Medika berada pada sel I. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh Klinik Sarua Medika. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “Meningkatkan pelayanan, pengawasan, dan pengontrolan harga “.

Kata kunci: Klinik Sarua Medika, data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM).

S1 Manajemen
112