PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI INDOMARET RAWABACANG KOTA BEKASI

Muhammad Rifqi Syafi'i
2411807008
2022
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI INDOMARET RAWABACANG KOTA BEKASI
Depok-GICI Business School-2022
Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Rawabacang Kota Bekasi.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 54,6 % faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh Kualitas Pelayanan dan Harga, sedangkan sisanya 45,4 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Pelayanan dan Harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (60,459) > Ftabel (3,090). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (10,348), dan variabel Harga menunjukkan hasil analisis thitung (2,116) dimana ttabel (1,98479), maka secara parsial valiabel Kualitas Pelayanan dan Harga tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Rawabacang Kota Bekasi, Variabel yang dominan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan adalah Kualitas Pelayanan.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

S1 Manajemen
186